Rabu, 11 Juni 2014

Cozmic DX 2.0 (review)


Tiga bulan lamanya Si Merah Cozmic DX 2.0 menemani aktivitas gowes Minggu pagi. Pada awalnya memang perlu penyesuaian setelan RD dan FD yang mulai kacau, wajar karena memang sepeda ini dibeli dalam kondisi bekas. Postur tubuh yang tergolong irit (164cm) juga membutuhkan penyesuaian terhadap ukuran sepeda yang sedikit over(17 inch) bagi saya. Namun setelah semuanya klop, baru terasa enaknya gowes dengan si Merah. Bahkan sepeda terdahulu, si Hitam Thrill Agent menjadi jarang dipakai dan rela diparkir di rumah.

Entah mengapa ada perasaan mantap saat melibas jalanan semi-offroad dengan sepeda ini. Pipa rangka yang berukuran relatif besar dan meng'kotak' memberikan rasa kokoh saat dikendarai. Handlebar dan stem standar terasa pas menopang tangan. Spesifikasi lengkap si Merah dapat dilihat di sini
Fork XCR dengan speed lock terasa empuk saat melintasi trek non-aspal. Namun rebound terasa terlalu cepat ketika ber-offroad ria di jalanan yang menurun, sehingga getaran di tangan lebih terasa. Mungkin akan lebih mantab memakai fork yang dilengkapi dengan setelan rebound. 

Beralih ke groupset, RD shimano Acera bawaan memang berbeda ,berkesan agak ringkih. Tapi untuk sekedar offroad ringan sudah cukup. Memang tidak bisa dibandingkan dengan seri-seri Deore ke atas.
Ban Kenda K-905 cukup ringan dipakai mengaspal, dan tidak terlalu licin untuk jalan tanah padat, namun sedikit licin untuk memanjat di jalan yang berumput. Rem cakram mekanis Tektro Aquila sudah cukup untuk keperluan beroffroad ringan.

Satu hal yang cukup menarik perhatian adalah warna. Merah doff dipadu dengan putih cukup mencolok saat gowes atau saat disandingkan dengan sepeda yang lain, terlihat ngejreng saat difoto. Secara keseluruhan Cozmic DX 2.0 ini sudah sangat cukup untuk menemani para goweser melibas jalan aspal maupun offroad ringan. Bagi yang mau lebih serius tinggal upgrade groupset dan fork yang lebih bagus sudah cukup layak. Penilaian pribadi point 7 dari 10 maksimal.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar